Kamis, 19 April 2012

Teori Kepemimpinan

VROOM, KONTINGENSI FIELDER, PATH & GOAL THEORY



VROOM
Bagaimana Anda akan mendapatkan output yang diharapkan dari keputusan Anda pada hal tertentu? Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengambilan keputusan yang baik? Dalam situasi apa aku harus konsultasi dari orang lain atau untuk membuat keputusan sendiri? Bagaimana cara mendapatkan komitmen dari pengikut saya pada keputusan tertentu?
Vroom-Yetton-Jago Normatif Keputusan Model membantu kita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Model ini mengidentifikasi lima gaya yang berbeda (mulai dari otokratis ke konsultatif ke grup berbasis keputusan) pada situasi & tingkat keterlibatan. Mereka adalah:
Otokratis Tipe 1 (AI) – Pemimpin membuat keputusan sendiri dengan menggunakan informasi yang tersedia bagi Anda pada saat itu. Tipe ini benar-benar otokratis.
Tipe otokratis 2 (AII) – Pemimpin mengumpulkan informasi yang diperlukan dari pengikutnya, lalu membuat keputusan sendiri. Masalah atau keputusan mungkin atau mungkin tidak diberitahukan kepada pengikutnya. Di sini, keterlibatan pengikut hanya memberikan informasi.
Konsultatif Tipe 1 (CI) – Pemimpin masalah saham pengikut yang relevan secara individual dan mencari ide & saran mereka dan membuat keputusan sendiri. Sini pengikut ‘tidak bertemu satu sama lain & keputusan pemimpin mungkin atau mungkin tidak memiliki pengaruh pengikut. Jadi, di sini adalah keterlibatan pengikut pada tingkat memberikan alternatif secara individual.
Konsultatif Tipe 2 (CII) – Pemimpin masalah saham yang relevan sebagai kelompok pengikut dan mencari ide & saran mereka dan membuat keputusan sendiri. Di sini pengikut ‘bertemu satu sama lain dan melalui diskusi mereka memahami alternatif lain. Tapi keputusan pemimpin mungkin atau mungkin tidak memiliki pengaruh pengikut. Jadi, di sini adalah keterlibatan pengikut pada tingkat membantu sebagai suatu kelompok dalam pengambilan keputusan.
Kelompok berbasis Type 2 (GII) – Pemimpin mendiskusikan masalah & situasi dengan pengikut sebagai kelompok dan mencari ide-ide mereka & saran melalui brainstroming. Pemimpin menerima keputusan & jangan coba memaksa gagasannya. Keputusan diterima oleh kelompok yang terakhir.


KONTINGENSI FIELDER
Model Kepemimpinan Kontingensi. Model kepemimpinan kontingensi dikembang-kan oleh Fielder. Fielder dalam Gibson, Ivancevich dan Donnelly (1995) berpendapat bahwa gaya kepemimpinan yang paling sesuai bagi sebuah organisasi bergantung pada situasi di mana pemimpin bekerja. Menurut model kepemimpinan ini, terdapat tiga variabel utama yang cenderung menentukan apakah situasi menguntukang bagi pemimpin atau tidak. Ketiga variabel utama tersebut adalah : hubungan pribadi pemimpin dengan para anggota kelompok (hubungan pemimpin-anggota); kadar struktur tugas yang ditugaskan kepada kelompok untuk dilaksanakan (struktur tugas); dan kekuasaan dan kewenangan posisi yang dimiliki (kuasa posisi).
Berdasar ketiga variabel utama tersebut, Fiedler menyimpulkan bahwa : para pemimpin yang berorientasi pada tugas cenderung berprestasi terbaik dalam situasi kelompok yang sangat menguntungkan maupun tidak menguntungkan sekalipun; para pemimpin yang berorientasi pada hubungan cenderung berprestasi terbaik dalam situasi-situasi yang cukup menguntungkan.
Dari kesimpulan model kepemimpinan tersebut, pendapat Fiedler cenderung kembali pada konsep kontinum perilaku pemimpin. Namun perbedaannya di sini adalah bahwa situasi yang cenderung menguntungkan dan yang cenderung tidak menguntungkan dipisahkan dalam dua kontinum yang berbeda.


PATH & GOAL THEORY
The Path-Goal Theory of Leadership yang dikembangkan untuk menggambarkan cara para pemimpin yang mendorong dan mendukung para pengikut mereka dalam mencapai tujuan, mereka telah ditetapkan dengan membuat jalan yang mereka harus jelas dan mudah.
Secara khusus, para pemimpin:
* Memperjelas jalan jadi bawahan tahu jalan mana yang harus pergi.
* Hapus penghalang jalan menghentikan mereka yang pergi ke sana.
* Meningkatkan penghargaan di sepanjang rute.
Pemimpin dapat mengambil pendekatan yang kuat atau terbatas pada ini. Dalam menjelaskan jalan, mereka mungkin direktif atau memberikan petunjuk samar. Dalam memindahkan penghalang jalan, mereka dapat menjelajahi jalur atau membantu memindahkan pengikut blok yang lebih besar. Dalam meningkatkan penghargaan, mereka dapat memberikan dorongan atau kadang-kadang membuka jalan dengan emas.
Variasi dalam pendekatan ini akan tergantung pada situasi, termasuk pengikut kemampuan dan motivasi, serta kesulitan dari pekerjaan dan faktor-faktor kontekstual lainnya.

Contoh Kasus :
Yahoo telah memutuskan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada sekitar 2.000 karyawannya. Keputusan tersebut menjadi pengurangan karyawan yang terbesar dalam sejarah Yahoo.

Seperti dilansir ZDNet, PHK tersebut akan dilakukan hingga akhir tahun 2012. Jumlah karyawan yang di-PHK tersebut mencapai sekitar 14 persen dari total karyawan Yahoo saat ini sebesar 14.100 karyawan.

Dalam waktu kurang dari empat tahun dan tiga kali pergantian pimpinan, Yahoo telah melakukan PHK sebanyak enam kali (termasuk PHK pada saat ini). Jumlahnya sekitar 2.830 karyawan.

Perusahaan yang berbasis di Sunnyvale California ini pernah memecat sekitar 1.400 karyawan pada 2008. Yahoo berdalih hal itu dampak dari krisis keuangan.

Disusul pada 2009, Yahoo juga melakukan hal yang sama pada 700 karyawannya. Sementara pada Desember 2010 lalu, Yahoo juga kembali melakukan PHK pada 600 karyawannya.

Awal tahun 2011, Yahoo juga merumahkan satu persen dari total tenaga kerjanya atau sekitar 130 karyawan. Lagi-lagi Yahoo berdalih keputusan tersebut merupakan bagian dari strategi berkelanjutan untuk posisi terbaik Yahoo agar pendapatan tumbuh dan bisa berekspansi.

Rabu lalu (4/4/2012), Yahoo mengumumkan akan melakukan PHK pada sekitar 2.000 karyawannya secara bertahap. Pemangkasan akan dilakukan di semua divisi, tetapi yang terbesar ada di divisi produk.

Jika dilihat dari sejarah Yahoo ada, jumlah PHK karyawan untuk tahun ini merupakan jumlah PHK terbesar.

Yahoo mengklaim, kebijakan ini akan mampu menghemat dana perusahaan sekitar 375 juta dollar AS setiap tahun. Sebagai kompensasinya, Yahoo akan memberikan pesangon kepada karyawan dengan nilai pengajuan sebesar 125-145 juta dollar AS di laporan keuangan kuartal II-2012.

Pada kuartal IV-2011 lalu, pendapatan bersih perusahaan turun 5 persen menjadi 295.6 juta dollar AS dari 312 juta dollar AS pada periode yang sama setahun lalu.

Penurunan laba itu menambah duka Yahoo yang baru saja ditinggalkan pendirinya, Jerry Yang. Yahoo kemudian mempekerjakan mantan presiden PayPal Scot Thompson sebagai Chief Executive Officer (CEO).

Keuntungan Yahoo pada di kuartal terakhir 2011 merupakan penurunan laba kuartal yang ke 13 sejak kinerja Yahoo terus merosot. Dalam waktu dekat, Yahoo akan merilis laporan keuangan kuartal I-2012 pada 17 April 2012.


Sumber :

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/10/vroom-kontingensi-fielder-path-goal-theory/
                   http://tekno.kompas.com/read/2012/04/08/07430014/PHK.2.000.Karyawan.Terbesar.Sepanjang.Sejarah.Yahoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar