Jumat, 30 November 2012

Analisis : Jurnal 3

Jurnal 3
Judul, Nama Pengarang, Tahun.
Peran Anggota Keluarga Dalam Pemilihan Restoran Di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Rahmat Ingkadijaya, 2007.


Latar Belakang Masalah
Semakin meningkatnya jumlah wisatawan maka semakin berkembang juga bisnis di bidang kepariwisataan, salah satu bisnis dibidang kepariwisataan yang tumbuh dengan pesat adalah bisnis restoran yang berkembang khususnya di kota-kota besar.

Masalah
Bagaimana mengetahui peranan dari masing-masing anggota keluarga bagi pemasar dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat?

Tujuan Penelitian
Menganalisis peran dari setiap anggota keluarga dalam pengambilan keputusan pemilihan restoran.

Metodologi Penelitian
1. Jenis Penelitian
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan 2 jenis data yaitu, data primer dan data sekunder.

2. Populasi dan Sampel
Populasi terdiri atas 103 keluarga atau 412 orang yang terdiri dari Ayah, Ibu dan Anak-anak.
3. Metode Analisis Data
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan 2 jenis data yaitu, data primer dan data sekunder.
Hipotesis
Ho : Tidak terdapat perbedaan persepsi mengenai atribut restoran yang penting diantara Ayah, Ibu dan Anak.
Ha : Terdapat perbedaan persepsi mengenai atribut restoran yang penting diantara Ayah, Ibu dan Anak.

Hasil dan Analisis
Rumusan masalah penilitian dilakukan analisis data yang menggunakan analisis deskriptif dan analisis varians satu jalan Kruskal-Wallis.
Hasil penilitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berasal bertempat tinggal di Jakarta (57,4%), sedangkan sisanya berasal dari Tangerang (12,8%), Bekasi (10,6%), Bogor (10,6%), Depok (4,3%), Bandung (2,1%) dan Sukabumi (2,1%). Kenyataan ini menguatkan anggapan bahwa kawasan puncak merupakan daerah wisata favorit bagi penduduk jakarta.
Pendekatan promosi sebaiknya disesuaikan dengan peran tiap angota keluarga dalam pengambilan keputusan, pihak manajemen harus memfokuskan pendekatan promosi itu untuk membentuk persepsi dalam benak penyaring informasi (gatekeeper) dan pemberi pengaruh (influencer).

Implikasi
Oleh karena itu untuk lebih memahami pengambilan keputusan yang dilakukan oleh keluarga terutama yang terjadi dimasyarakat Indonesia perlu dilakukan penelitian-penelitian mengenai pengambilan yang melibatkan keluarga besar seperti yang terjadi pada pengambilan makan di restoran

Sumber: j
ournal.ipb.ac.id/index.php/jmagr/article/view/3324/2249

Tidak ada komentar:

Posting Komentar