Sabtu, 20 Oktober 2012

BlackBerry

BlackBerry atau sering disingkat BB adalah sebuah smartphone buatan Research In Motion (RIM), yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms (Short Message Servive), menjelajah internet, serta menyediakan software Messenger built-in. Layanan-layanan ini memungkinkan pengguna BlackBerry bisa mengakses internet sepuasnya dengan tarif yang lebih murah sehingga lebih irit. Dengan demikian memungkinkan penggunanya bisa menggunakan layanan BlackBerry sepuasnya (Aprianto, 2009).
BlackBerry merupakan perangkat yang sama dengan handphone lain, bisa menjalankan fungsi dasar untuk telepon dan sms, yang membedakannya hanyalah Operating system pada BlackBerry yang merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor BlackBerry) dengan koneksi GPRS, EDGE, dan 3G. Selain itu, jika pada handphone lain untuk membuka e-mail ke inbox harus dilakukan secara manual atau harus menginstal aplikasi tertentu, namun dengan BlackBerry, e-mail muncul secara otomatis, seperti pengiriman SMS, e-mail di BlackBerry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan (Risal, 2009).
Perbedaan lainnya yang merupakan keunggulan BlackBerry terdapat dalam kemampuan memperkecil ukuran e-mail yang masuk ke inbox, perbandingan dengan e-mail handphone biasa adalah 1:100, jadi e-mail yang
dikirim dengan ukuran 1000Kb dapat dibaca di BlackBerry dalam ukuran 10Kb. Selain itu kapasitas e-mail dalam BlackBerry bisa mencapai lebih dari 1000 e-mail tergantung kapasitas memori (Risal, 2009).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar